Selamat datang di website Kami.

admin@schoolofmind.id +6282133239889

Metode Rehabilitasi Mental Korban Pasca Trauma Bencana Alam dengan Hipnoterapi

Indonesia merupakan negara dengan tingkat terjadinya bencana alam yang cukup tinggi.

Bencana yang terjadi tentu menyebabkan trauma dan stress bagi para korban mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Hipnoterapi dapat menjadi salah satu metode rehabilitasi untuk menurunkan tingkat stress pasca trauma bencana

Rehabilitasi mental bagi korban bencana alam merupakan hal penting untuk dilakukan.

Hal ini karena saat bencana terjadi banyak hal berat yang telah dilalui, bahkan diantaranya kehilangan anggota keluarga, mengalami kesakitan yang luar biasa, dan ada yang kehilangan anggota tubuhnya.

Tujuan dari rehabilitasi mental dengan hipnoterapi adalah untuk membuka jalan bagi korban untuk membuka lembaran hidup baru yang lebih baik dan bermakna.

Melalui metode hipnoterapi, korban akan dibantu untuk menyelesaikan masalah psikologis yang ada dalam dirinya sehingga tidak berdampak negative bagi kehidupannya.

Baca juga : Treatment dan Pelatihan Neuro Linguistic Hypnotherapy Indonesia

American Psychological Association (APA), Dictionary of Psychology, edisi 2007 menjelaskan bahwa bahwa hipnoterapi dapat bermanfaat mengatasi manajemen rasa nyeri akut, merokok, gangguan kepribadian, phobia, trauma, dan sebagai terapi pendukung dalam beberapa penyakit lainnya.

Meski demikian, metode hipnoterapi masih awam diketahui Sebagian masyarakat Indonesia sebagai metode yang efektif untuk menangani berbagai masalah baik yang berhubungan dengan fisik maupun psikis.

Pada saat korban bencana alam diberi dihipnosis, mereka akan masuk pada kondisi Trace. Kondisi  ini menjadikan mereka lebih fokus terhadap prioritas masalah yang akan diselesaikan oleh terapis dan mengabaikan hal-hal yang bukan prioritas.

Terdapat 5 tahapan yang akan dilalui. Tahapan tersebut yakni meliputi pengkajian, induksi, deeping, terapi pikiran, terminasi.

Pada tahap terapi pikiran inilah korban bencana akan mendapatkan sugesti untuk menurunkan rasa sakit dan trauma yang pernah dialaminya.

Faktor keberhasilan seseorang dalam menyelesaikan masalahnya dengan metode hipnoterapi juga beragam.

Faktor tersebut termasuk keinginan dan kepercayaan kuat dalam diri bahwa dapat melewati masa sulit saat ini.

Keinginan kuat dalam diri seorang klien akan mempercepat proses masuknya sugesti sehingga masalah yang dialami segera dengan cepat dapat teratasi.

Baca juga: Anda Harus Tahu! Otak Dapat Dioptimalkan Melalui Hipnoterapi

Kunjungi Official Website Kami [LINK]